Jumat, 15 Maret 2013

Mengerti atau Dimengerti?

Hm.. Sebenernya gue bingung nih mau mulai darimana. Tapi yang jelas ini sih menyangkut kehidupan kita sehari-hari banget. Disini gue gak bakal dan gak berniat untuk ngubah jalan pikiran lo atau gimanapun. Lagi-lagi gue cuma mau nulis tentang apa yang gue amati di sekitar gue.

"Ngertiin dulu diri sendiri. Baru belajar buat mengerti orang lain." Pernah denger kalimat itu? Rasanya pasti pernah lah walaupun darimana aja sumbernya. Ada yang lagi adu argumen sama orang lain terus ngeluarin kata-kata itu, ada yang liat di internet atau dimana aja deh.

Ngerasa ada yang ganjil gak dalam kalimat itu? Kalo ngerasa gak ada, gue bakal jelasin. Kalo ngerasa ada, yaudah kita bahas bareng-bareng hehe. Dalam kalimat itu kita disuruh untuk mengerti diri kita sendiri dulu kan? Baru kita boleh belajar untuk mengerti orang lain.

Menurut gue beda lagi. Kita itu cuma TAU apa yang kita mau, tapi kita gak bisa bener-bener ngerti apa yang sebenernya kita mau. Gini deh, kalo lo lagi berselisih sama orang, terus orang itu nanya, "Terus mau lo apa?" lo bisa jawab langsung gak? Apa lo nyiapin segudang kata-kata buat bikin dia jadi ngerti apa mau kita? Hm, kayanya yang kedua deh :)

Saat orang lain nanya apa mau kita, kita gak bisa langsung jawab gitu aja. Entah apa yang bikin kaya gitu. Contoh lainnya, kalo ke rumah orang lain terus lo ditawarin, "mau makan gak?" atau "mau minum gak? minum apa?" gue yakin jawaban kalian gak langsung "iya." tapi pake kata-kata lain kayak, "boleh.." atau "gak usah repot-repot." Padahal sebenernya kita pengen dia ngerti kan kalo cuaca di luar lagi panas misalnya, terus gak usah pake ditawarin minum juga lo pengennya dia langsung ngerti lah kalo lo lagi haus dan pengen minum. Iya bukan?

Nah, konteks yang gue maksud tuh sama. Masa gue harus ngerti diri gue sendiri dulu baru boleh ngertiin orang lain? Padahal apa? Apa hayoo? Padahal mengerti diri sendiri itu lebih sulit loh dibanding untuk mengerti orang lain. Makanya, kita butuh adanya orang lain untuk mengerti kita. Karena kita sulit mengerti diri sendiri. Itu yang disebut interaksi antara manusia lah, manusia butuh orang lain untuk mengerti dia.

Selain itu, manusia juga butuh yang dinamakan pengertian. Pengertian itu ya cara orang lain buat mengerti kita. Pernah gak saking lo gak bisa ngertiin diri lo terus lo bilang ke diri lo sendiri, kasarnya kaya gini nih, "Bego! Gue tuh mesti gimana sih. Gak ada yg ngerti gue apa?" terus abis itu lo cerita deh ke orang yang lo anggap bisa ngertiin lo. Perasaan lo lebih tenang gak karena ada orang lain yang bisa ngertiin lo? Pasti iya kan :)

Minimal banget, manusia itu butuh saling pengertian diantara dua manusia. Itu paling minimal loh, contohnya ya orang pacaran lah.. Kalo maksimal... Jangan deh. Nanti kaya Presiden yang gak mengerti rakyatnya. *eh

Sudah ya sudaah, cuma lagi ngablu dan gak tau harus apa nih. Thanks for visiting :D
-@Paganinita-
Share: