Jumat, 10 Juni 2022

Baliyeaaaaay - Nusa Penida mostly (Part 2)

Gilaaa, gara-gara sibuk kerja dan other things. Gue jadi lupa update ini! Sama udah kepotong liburan-liburan lainnya padahal wkwkwk. Oke lanjut Bali Part 2!

Habis selesai makan popmie dan tidur. Besoknya tetep deg-degan dong karena kita terlambat!!! Tujuan kita hari kedua tuh mau ke Nusa Penida. Tiket udah dibeli dong jauh-jauh hari. Yaaa pokoknya sebelum ke Bali ini gue bikin tujuan gitu di Canva, persis kayak petanya Dora wkakaka.

Jadi kita mesti ke Pelabuhan Sanur dulu sebelum ke Nusa Penida, dan sebelum kita ke sana, gue tuh nggak tau kalo Bali dan Nusa Penida mesti nyebrang dulu :))) gue kira yaudah Bali ya Bali wakakakak. 

Pas bangun pagi-pagi panik banget tuh, dahlah pokoknya gue cepet-cepet rapi dan langsung parkir mobil, karena susah jadi mesti cepet-cepet. Gue klaksonin Dita sampe berisik banget pokoknya wkwkwk. Kita jalan juga rada ngebut ke pelabuhan, karena ternyata lumayan jauh, dan Bali tuh emang muter-muter disitu aja ya rutenya.

Mana pas nyampe di pelabuhan pake ada drama, bukan drama sih, tapi kayak gimana ya. Susah parkir gitu sampe mesti nunggu kayak 5 menitan buat muter doang, padet banget. Jadi kita parkir di lapangan apa nggak tau deh, mesti jalan dulu sebelum ke Sanur.

Nuker tiket juga chaos banget. Rame paraaah. Dan waktu itu kita pake speed boat, harganya cuma 74rb. Pulang pergi buat dua orang sekitar 300rb lah ya. Boat itu persis yang dipake buat ke pulau seribu, tapi kenapa mahal banget ya di Jakarta. Kenapa di Jakarta mesti minimal tuh 150rb, jadinya orang yang niat naik tuh jadi ya gimanaa mahal banget bro. Padahal di Bali dapet setengah harga.

Pas kita lagi nunggu kapal, karena lumayan lama, si Dita pengen beli minum. EH baru sedikit dia jalan, rombongan juga mau jalan, alhasil gue ngejar-ngejar dia dulu wakakaka. Yaudah kita nunggu kapal deh tuh di sekitaran Sanur sambil nunggu kapalnya minggir.

Sampe di kapal tentu saja kita tidur~ karena boring banget nggak dapet di atas. Di bawah tuh nggak ada pemandangan apapun. 

Sesampainya di Nusa Penida udah pasti tau lah ya tri gak ada sinyal :) Gue minta tethering terus ternyata udah banyak banget chat masuk dari si Bapak yang nyewain motor Nmax. Alesan nyewa Nmax karena pengen nyobain wkwk. Sama kayak gue nyewa-nyewa mobil buat tau rasanya kayak gimana. Abis itu baru beli xixixix. So far mobil kecil terenak masih tetep Brio. Bahkan Yaris yang sport pun kalah enak. ((lho jadi ngomongin mobil).

Gue juga sempet heran, kenapa ya di Nusa Penida, singkat aja deh di Nuspen. Itu gak ada yang sewain mobil lepas-kunci, selalu aja udah sama driver. Tarifnya lumayan pula 500k per orang. Menghadeh, mana cuma berdua. Jadi yaudah deh tuh naik motor berdua pake celana pendek :)

Pas motornya dikasih, gue cuma nanya "Gak ada helmnya Pak?" diketawain dong, katanya gak usah pake helm. Terus ni, gue kebelet banget pup karena semalemnya makan pop mie pedes wkwkwk. Untung langsung ada pom bensin begitu keluar pelabuhan. 

Habis gitu, langsung lah kita jalan dan sempet berhenti buat nyari kunciran. Udah tuh, jalan deh, si Dita pake topi yang terbang-terbang terus wkwk. Udah sekitar setengah jam jalan gitu, kita bertanya-tanya kan, hah apaan nih.. Kok daritadi nggak ada orang... Kok di jalanan ini kita doang..

Gue nungguin, kapan ya ke jalan rayanya.. Ternyata gak ada jalan raya dong bego banget T.T bentuknya bener-bener pulau ternyata yang rada pegunungan gitu, jalanannya cuma muat 1 mobil dan naik turun bukit, samping kiri jurang. Pantesan gada mobil lepas kunci :) ngeri kali ya.. 

Kita jalan menuju ke Pantai K itu lumayan lama sekitar 40an menit, nggak nyampe-nyampe, dan jalanannya ya gitu-gitu aja, kaget karena gue kira cuma jalanan gang doang nanti bakal lewat jalan raya. Tapi kalo dipikir-pikir, iya juga, siapa yang bakal bawa alat-alat sebegitu beratnya buat bikin jalan raya di sana hahahah tapi pemandangannya tuh indah langitnya.

Sampe di Pantai K, kita laper buangeeeet dan akhirnya mampir dulu ke salah satu warung buat beli makan. Di situ Ibunya kayak khawatir gitu, sampe bilang, "Ini nanti harganya dikurangin ya Kak.."


Mohon maaf capture-an dari hp wkkwk. Hp lama udh mati total lol~

Saking nggak ada yang beli kayanya dan takut dijudge mahal gitu. Padahal wajar-wajar aja kalo mahal di tempat wisata. Dan pas dilihat harganya juga nggak semahal itu sih, masih standar kayak nasi goreng di resto di Jakarta, sekitar 30rban.

Enak banget ga tuh makan nasi goreng viewnya klingking beachhhhhh.

Di sepanjang makan itu kita bertanya-tanya. Ini bisa gak sih ke bawah? Kok pada ngga ke bawah ya? Kok cuma pada di atas aja ya? Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.



Terus kita found out kalo ke bawah tuh bisa sebenernya, dan kita pengen ke bawah. Tapi kita heran banget kok orang-orang cuma foto di atas aja sih???? Ke bawah atuhlah, kan bagus banget???? Tinggal turun tangga aja kan??? 

Begitu pemikiran polos gue...

Habis makan kita naruh barang-barang deh tuh akhirnya. Nih ya, SOK NGIDE banget, kita ninggalin jaket dan AIR mineral buat diminum. Waktu itu kepikirannya cuma, ah udahlah gak usah bawa minum, orang cuma ke bawah doang, nanti minumnya di atas lagi.. HIXIXIIXIXI pemikiran dakjal!

Yaudah, mulai nih kita jalan ke bawah.. Eh, kehadang monyet lagi. Sialan, ada di mana-mana itu monyet -___- Muka gue ketakutan banget, karena tuh monyet beneran berani buat megang orang yang lewat, gue ngeri banget digigit -_-" 

Akhirnya Dita nungguin sampe gue berani buat ngelewatin itu. Kita turun tuh ke bawah, banyak orang yang foto-foto. Gue nanya, "Kita mau ke bawah kan?" "Hah? Ke bawah? Iyaa, hayuk.." kata Dita. Padahal kita sama-sama belum tau tuh gimana jalan ke bawahnya. Satu per satu nurunin tangga, terus papasan sama dua Mbak2 yang kelihatannya dari bawah. 




Gue tanya, "Mba habis dari bawah ya? Rame gak Mba?" Eh si Mbaknya nih diem aja, gak jawab, cuma bilang "Salah banget ke bawah siang-siang gini.." sambil ngos-ngosan gitu. Kan bingung ya, kenapa ngos-ngosan sih, kayaknya cuma ke bawah doang kan.

Gue sama Dita akhirnya ngelanjutin ke bawah yang dimulai dengan view kayak gini..




Sampe ke bawah masih tangga biasa gitu, nah makin ke bawah... Lah lah... Kok kayak gini T.T

Terjal banget sumpah.




Kalo dipikir-pikir menantang maut banget sih cuma untuk ke pantai ini.

Bayangin aja, nggak pake pengaman apapun, turun juga cuma pegangan sama kayu-kayu di samping tangga yang nggak seberapa kuat itu. Saking terjalnya tebingnya tuh hampir 90 derajat gitu. Kalo kita nengok ke atas tuh langsung kliyengan dan berasa mau jatoh. 




Hati-hati banget deh pokoknya super slow di perjalanan ini. Ini aja masih perjalanan turun ya, belum perjalanan naik nih.

Di tengah perjalanan sempet mikir sih, mau balik lagi tapi udah terlanjur jauh.. Mau turun tapi ngeri banget. Bener-bener galau dan akhirnya kita putusin buat lanjut. 



Habis itu ketemu Bapak2 gitu sama 1 orang cewek. Disemangatin gitu lah pokoknya, hayuk semangat~ hahaha.. Si Bapak ini udah duluan nyampe bawah. Pas kita mau ke bawah itu di batu terakhir gak tau kalo ternyata ada tangga, dan kita susah payah nurunin tangga yang dibuat pake bambu itu.

Sumpah pas nginjek pasirnya pertama kali... mau nangis ya Tuhan T.T halus bangeeeet..






Gue langsung lari buat ngerasain ombaknya. Pengen banget teriaaaakkkkk gilak bagus banget gak bisa diungkapin pake kata-kata. Bersyukur banget mutusin untuk ke bawah sini. Karena ombaknya bener-bener bagus. Pokoknya semuanya perfect!!

Pas nginjekin kaki di pasir itu rasanya pasirnya daleeem banget, gak kayak pasir biasa. Ombaknya juga gak lengket pas dimainin di kaki. Airnya ringan kayak air tawar. Udahlah pokoknya ini pantai terbaik seumur hidup gue!!!









Main di pantai sekitar 30 menit, habis itu gue sama Dita mutusin buat naik ke atas jam 2. Karena jam setengah 4 udah harus ke pelabuhan. Jam setengah 5 kapalnya berangkat.


Hampir satu jam kita naik ke atas. Gak ada minum sama sekali. Setiap tikungan naik, kita berhenti. Ada kali berhenti 4x dan setiap berhenti tuh sekitar 5 menitan. Saking panasnya. Pas nengok ke atas juga kayak gila banget sih ini miring abis tebingnya woooy T.T

Ini tuh udah panas, lembab pula. Bener-bener pas duduk oksigen tuh kayak habis.. Sampe gue kipas-kipasin depan muka aja tuh anginnya masih gak terasa. Udah hampir pingsan deh itu kayanya. Napas udah susah banget pokoknya. Dikit lagi nangis HAHAHA. Satu-satunya hal yang kita inginkan sekarang cuma minum!

Mana woooy minumnya T.T

Udah ngebayangin pokoknya kita harus minum ini, ini, ini.. dan harus pake es batu yang banyak.

Sedikit demi sedikit naikin tangga itu, akhirnya nyampe juga di paling atas. Kita diliatin orang-orang dong saking ngos-ngosannya tuh parah dan mungkin aura kita kayak kebakar matahari gitu kali ya wkwkwk.

Kita langsung nyamperin salah satu warung dan ambil pocari + pesen es batu. Minum udah kayak gak pernah minum sejak SD anjir, bener-bener kehausan parah. Sok-sokan gamau ribet bawa minum sih T.T


Selesai minum juga ternyata masih kurang, kita sampe mesen minum lagi dan total bayar 40rb cuma buat minuman HAHAHA.

Balik dari warung itu sekitar jam setengah 4, kita pede banget pokoknya ini bakal sampe tepat waktu kok. Mulai jalan tuh ngikutin maps. Pake motor nih kan ceritanya, NMax, gede banget tapi dibuat ngebut gak seenak itu sih.

Kita udah setengah jam di jalan kok ga sampe-sampe.. Jauh banget deh berasanya. Udah yakin nih dikit lagi sampe, pas sampe pelabuhan, kita salah pelabuhan!!!! Pelabuhan ada di Timur kita malah ke Barat, OMG ujung ke ujung anjiiiir. BAYANGIN SALAH PELABUHAN! 30 menit lagi kapal berangkat, mau gmn coba???

Akhirnya gue bawa motornya langsung ngebut, sengebut-ngebutnya. Sampe gak sempet beli bensin lagi, bodo deh pokoknya pas ngasih motor ke Bapaknya langsung ngasih duit bensin trs cabut. Untung masih belum telat, dan orang-orang masih pada nungguin kapalnya huhu gilakk. Gue 3 orang terakhir sih itu.

Nyebrang dari Nusapenida ke Bali, nyempetin buat beli baju Bali dulu, habis itu kita caw ke Apart karena udah capek banget. Tapi berhubung butuh bersih-bersih. Akhirnya kita berenang malem-malem.

Asli itu terngakak sih. Gue gak bisa berenang trs si Dita berenang-berenang ke sekeliling gue. Kita berenang lumayan lama dan ngakak-ngakak banget, gatau mohon maaf bagi yang terganggu, kita cuma satu hari aja kok berisiknya huhu.

Momen gak bisa dilupain pas gue minta diajarin cara terapung. Dita ngajarin gue sambil badannya terapung, terus karena kupingnya kerendam sama air, dia ga ngeuh kalo dia ngomong tuh kenceng banget, dia bilang gini "GINI LOOOH CARANYAAA"

"KALO KAMU MAU NGAPUNG TUH PERTAMA TIDURAN"

"NAHHHH COBA TIDURAN, SANTAI, RELAX. UDAH BISA KAN? GAMPANG KAN?"

sedangkan gue disitu ngakak ngakak sampe lemes badan gue, dia ngomong teriak2 tp ga nyadar kalo suaranya bisa kedengeran satu apart kwkwkwkwk.

Momen di kolam renang tuh banyak ketawa dan cerita-ceritanya.

Habis berenang kurang lebih satu jam, kita mandi bareng karena gue takut xixixixixi, untung kamar mandinya gedeee, jadi cukup buat 2 orang. Disitu kita sadar banget kulit udh gosong kebakar matahari :))

Habis itu besoknya, karena balik jam 5. Siangnya ke pantai melasti dulu. Bersiiiiih banget pantainya meskipun emang nggak se-wah Nuspen ya. Tapi jernih airnya di sini tuh bikin betaaaaaah banget main air.


Seperti biasa ngumpulin kerang di pantai :p




Hhhh pokoknya liburan di Bali nggak terlupakan banget! 


Next, bakal cerita lagi! Soalnya sejak tahun kemarin dan bisa nyetir, jadi ngunjungin banyaaaaak banget tempat! Soooo happyy!!!


 








Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Comment?