Selama 26 tahun hidup, gue gak pernah naik pesawat. Waktu denger mau ada konser di Bali pas tahun 2020, senengnya bukan main, yey gue bakal naik pesawat HAHA. Tapi nggak diduga-duga, ternyata 2020 tuh awal masuknya masa pandemi. Alhasil yang tadinya ada jadwal konser solo dan orchest, semuanya dibatalin.
Padahal persiapan untuk bayar tiket pesawat dan hotel itu udah selesai dari 2019. Akhirnya itu poin masuk ke akun temen gue dan sampe tahun ini belum gue pake juga. Tadinya mau jalan ke Bali sama Mba Cin, tapi beliau sibuk banget yach, dan perubahan demi perubahan yang terjadi di dalam hidup, ya pasti akhirnya sama Dita dong perginya :p
H-1 kita tuh deg-degan banget, kayak, gimana ya kalo telat. Mana belum packing. Santai banget woi :)
Malem itu kita mutusin buat nggak tidur ((ini salah banget sih, ntar diceritain kenapanya)). Mulai keramas-keramas, retouch warna rambut. Asli pokoknya Dita ni hairstylist gue banget. Mulai dari warnain rambut, retouch, ngeringin, sampe catokin tiap keramas. Dedikasinya besar sekali untuk perambutan ini :') makasih <3
Udah jam 3 pagi, terus kita siap-siap ke terminal Rawamangun buat naik Damri. Pas banget sampe situ tuh ada damri yang emang udah siap mau berangkat, yaudah kita cuss! Sampe Bandara kita berdua kayak anak ilang. Karena sejujurnya emang ini pertama kalinya buat kita :)
Setelah bingung sana sini, baru deh kita duduk manis di ruang tunggu. Ngantuk banget jujur, pesawat berangkat jam 5 dan itu masih jam 4 pagi HAHAHA. Tapi nggak bisa tidur juga, jadinya cuma ngobrol-ngobrol sama main game aja.
![]() |
| menunggu sambil ngantuk |
Pas udah masuk ke ruang boarding, laper banget sebenernya, tapi ditahan-tahan karena nggak worth it beli pop mie harga 25 ((kerja keras lagi lo)) wkwkw. Setelah nunggu lumayan lama, masuklah kita ke pesawat. Rasanya uwaaaaaaah gini toh?? Terus pake sabuk pengaman yang cuma kayak gitu aja, kirain bakal ketat banget yang kayak seatbeltnya mobil, ternyata enggak...
Dari pesawat landing, sampe kita mendarat di Bali, itu mata gue langsung merem. Jadi nggak banyak lihat pemandangan wkwk. Ngantuk banget sumpah, mana ngantuknya ga ilang-ilang. Asli deh, kalo nggak tidur tuh worst banget, rasa ngantuknya kayak kelelahan gitu.
Sampe Bandara, langsung ambil mobil dan otw ke penginapan. Lucky banget sih, jadi kemarin nyewanya tuh Ayla karena emang nggak butuh mobil gede dan keren, yg penting kita nggak kepanasan, udah itu doang. Eh ternyata dituker sama Jazz tanpa biaya tambahan wkwk senangnyaa.
Pas sampe penginapan gataunya belum bisa checkin. Itu early banget sih, sampenya jam 11. Yaudah akhirnya muter balik lagi buat ke Nasi Ayam piiip. Namanya disensor biar blog ini nggak kena SEO WkkKWK.
![]() |
| nasi ayam enakbgt |
Pas udah sampe di tempat nasi ayam, antre buat makan di tempat. Gak pasang ekspektasi apa-apa nih ya. Tapi ternyata enak bangettt!!! Asli semua yang ada disitu enak-enak banget rasa lauknya. Mau sate lilit, ayam suwir, dan yang juara banget tuh sambal matahnya huhu mau nangis enak bangetttt!!! Makan di sini berdua sekitar 50rb udah termasuk minum.
Udah puas, terus kita ke penginapan lagi, lumayan tricky ya ini, karena masuk ke gang sempit banget yang cuma masuk 1 mobil. Parkirnya udah bisa ditebak lah ya sesusah apa :) mundur majunya banyak banget hhhhhh.
Harus digarisbawahi bahwa ini adalah penginapan ter worth it menurut gue! Namanya Apartemen gt, terus udah ada mini pool depan kamar, ada dapur, lemari, tv kabel, meja lumayan lebar, air panas, kamar mandinya juga dibuat 2 orang nggak sempit :)
Kita istirahat bentar, habis itu langsung ngejar ke pantai S (seperti biasa nama disamarkan). Otw ke pantai S lumayan jauh, disitu Dita tidur, padahal gue udah ngantuk banget trs nyetir huhu. Bisa-bisanya ya :) terus dalam keadaan mulut terbuka dan gak pake masker... Mana kaca mobilnya keliatan dari luar, gue ketawa ngakak banget pas dia sendiri juga ngeh kalo dia tidur kaya gt. Sayangnya belum sempet kefoto karena itu pas lampu merah dan udah keburu hijau wkwkwk.
Disitu gue bilang sama Dita kalo gue kok rasanya bete ya, feelingnya kayak ga enak gt, mau marah tapi nggak tau marah kenapa. Mau bete juga betein apa, tapi rasanya lelah gitu. Mungkin karena kurang tidur ya, jadi pas nyetir capek, melek capek, ya serba capek.
Setelah drama di perjalanan yang susah nyari bensin, akhirnya nyampe di pantai S. Pas liat pertama, wah ok juga.. Tapi ombaknya gede banget. Banyak bule yang surfing di sana. Sama segerombolan remaja yang naruh tasnya di pinggir-pinggir karang.
Pas jalan ke bawah itu mesti nurunin banyak tangga yang gede-gede banget, dan kanan kiri ada anjing liar. Yang paling ngeri sih sebenernya monyet ya, tapi itu dari jauh doang. Dan pas sampe pantai juga gak ada tanda-tanda ada monyet di sekitar pantainya itu.
Setelah mengamati beberapa spot, akhirnya gue mutusin buat di satu spot yang gue rasa bagus untuk foto-foto. Gue langsung panggil Dita. Dan beneran lah, spotnya emang bagus buat foto :)) Nih~~
![]() |
| Karangnya bagus~ |
Habis foto-foto gini ada kejadian tak terduga. Pas lagi berdiri di karang, Dita teriak tuh "Kakak!!" Hah apaan gue panik mana dia mukanya serius banget. Pas gue nengok, ada monyet berukuran lumayan gede lagi buka tasnya Dita! Asli disitu momen panik banget, si monyet ini mau ambil kamera, gue teriak agak menjauh karena gue bener-bener takut banget disitu. Kaki gue gemeter.
Dita hampir diserang monyetnya gara-gara dia berusaha nyelametin kameranya. Kamera dibalikin, imbasnya, si monyetnya jadi ngebuka tas dan tau dia buka apa? Dompet gue! Di mana ada SIM, duit, STNK, dan segala macemnya. Gue udah mikirin worst scenario-nya kalo dompet gue dilempar sama dia ke laut. Yaudah, habislah gue.
Dompet gue dibawa kabur sama itu monyet. Karena disitu gue bener-bener ngefreeze, gue cuma bisa bengong aja sementara Dita minta bantuan ke Bapak2 yang ada di pantai. Terus akhirnya banyak ibu-ibu yang bantuin ini itunya. Dan ternyata dompet gue ada di kafe paling atas, yang aksesnya dipegang sama salah satu ibu2 yang jualan di bawah tadi.
Pas kita cek ke atas, ambil dompet, pas liat ke bawah itu ternyata uang gue dan semua kartu-kartu nyangkut ke batu karang. Terus diambilin sama ibu-ibu disitu, dibantuin banget. Habis semuanya ditemuin, ada satu yang nggak ketemu, yaitu SIM A.
Gue shock banget, kayak gak bisa memproses dengan cepat apa yang terjadi. Tiba-tiba malah ngerasa panik, ketakutan, dan akhirnya gue nangis. Disitu Dita meluk gue supaya nggak takut lagi, bener-bener berasa banget yang tadinya ketakutan abis jadi merasa agak safe. Padahal dalam keadaan apapun, gue cenderung nggak mau ada kontak fisik di depan umum gt. Entah sama temen atau sama siapapun itu.
Tapi sekarang mah udah trabas trabas, beda banget deh yg dulu takut di umum. Sekarang sama orang pun nggak setakut itu gue, gue improve banget! Hahaha, nanti deh bikin di postingan lain kenapa gue bisa jadi improve banget kayak gini.
Skip..
Setelah dompet ketemu, yaudah kita mutusin langsung balik buat ngejar waktu ke salah satu resto di pinggir pantai daerah Seminyak. Sepanjang jalan gue minta maaf terus karena kejadian tadi tuh nggak terduga banget dan takut menghancurkan ekspektasi kita akan liburan ini.
Nyampe di lokasi udah sekitar setengah 6an gitu dan untungnya masih dapet sunset sih meskipun tipis tipis. Vibes restonya itu gimana ya, mungkin kayak beer garden kali ya kalo di Jakarta. Tapi dengan nuansa dingin di tepi pantai, jadi chill~ apasih chill~ Bisa santai gitu karena bangku-bangkunya semua dari bean bag, jadi buat rebahan enak banget. Cuma agak was-was karena emang banyak anjing liar. Anjing yang berani aku gendong-gendong hanya Poomi! Wkwkwk.
![]() |
| Kafe pinggir pantai yang terkenal itu~ |
Kalo makanan dan minumannya sebenernya biasa aja sih, ga istimewa. Pizzanya enak, tipe yang tipis dan rasanya masih Italia banget yang minim rasa aneh-aneh. Tapi nggak sampe mau meninggal gitu sih. Satu pizza cukup buat berdua sama dua minuman habis sekitar 200rb. Yep, karena kita beli suasana, bukan beli makanannya hahaha. Tapi worth it kok dengan harga segitu. Di Jakarta 200rb mungkin habis cuma di resto ramen Jepang atau makan sushi :p
Udah mau balik dikit lagi, si Dita ngajakin buat kena ombak dikit wkwkwk. Gue takut banget bukan sama ombaknya, tapi sama gelapnya laut. Jadi main tarik-tarikan mau gak mau wakakaka.
Pas kita balik dan mau parkir, lah kok ada mobil lain -___- jadi gak bisa parkir. Sama mas-masnya ditunjukkin gang buntu yang kosong gitu, gelap, katanya bisa buat parkir mobil. Makasih loh :) gelap banget asli :) untungnya dia ngasih motor buat gue sama Dita balik ke apart, meski ga seberapa jauh sih. Tetep appreciate aja mwihihi.
Karena Pizza yang rasanya cuma asin-asin doang, pasti kurang dong? Nah, ini bocil satu pengen pop mie. Jadi meskipun udah capek buanget, kita mampir di Indomaret beli Pop Mie. Pas nyampe apart, nyeduh pop mie dan ngopi ngopi cantik di pinggir kolam renang sambil haha hihi. Pewe banget deh itu rasanya..
Besoknya kita ada perjalanan ke Nusa Penida. Di sinilah ada hal gila!! Mesti banget tau!! WKKWK oke bersambung ke part selanjutnya aja~ udah kepanjangan.. Daah~
Selama perjalanan ini gue banyak berpikir bahwa hidup gue berubah drastis, tentunya ga lepas dari peran orang-orang di sekeliling gue yang suportif banget.
Thank you because you always encourage me to be the best version of my self and the real version of me.
I realized that I've been holding this feeling too much (anger, dissapointment). So, everytime I had partner in my past, there's something I always hide, and that was my feeling. I never said anything I felt before.
I've always think that it's better to swallow all the bitter things and give your partner the sweet part. Unfortunately, that part always killing me slowly... And now, I feel safe.
Yaudah, dah~













0 komentar:
Posting Komentar
Comment?