Jumat, 14 Mei 2021

IdulFitri?

Bukannya nggak seneng.

Bukannya nggak bisa merasakan euphorianya juga.

Seneng ketemu keluarga dan keponakan udah pasti ada.

Tapi, seumur hidup gue merayakan Idulfitri, tepatnya di Indonesia (of course karena nggak pernah ke negara lain kocak). Gue bener-bener nggak merasakan esensi dari Idulfitri itu sendiri.

Pertama, kita berbondong-bondong untuk belanja untuk sekali Idulfitri aja dan jatohnya trying to impress other people, dan itu jadi budaya.

Sejak kecil, gue selalu marah kenapa keluarga gue seribet itu soal pakaian, semua serba baru sampe akhirnya gue pasrah ikut-ikut aja. 

Beli bahan dan ngejahit sendiri, belum lagi cari kerudung yang sesuai, belum lagi alas kaki. Duh, bener-bener repot. Bahkan orang nggak bakal inget apa yang kita pake, dan nggak bakal nanya juga harganya berapa. 

Pas gue udah kerja, gue bebas. 

Gue cuma beli satu setel kemeja dan celana yang bisa digunakan seterusnya. Bahkan gue gak beli sendal baru, gue cuma pake punya nyokap yang kekecilan 2 size but I don't care. Sendal gue bakal dilepas pas masuk rumah orang. Cuma jadi alas kaki dari mobil sampe rumah sodara :)

Dibanding heboh soal pakaian, esensinya Idulfitri itu adalah ketika kita menjadi pribadi yang lebih baik dan meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin pernah kita sakiti.

Momen "minta maaf" itu hanya sekedar lewat aja dan ujaran tanpa makna aja.

Seluruh grup dan sosial media ramai mengucapkan "mohon maaf lahir dan batin".

Tapi, apakah kita bisa merasakan kesungguhan dan ketulusan dari permohonan maaf tersebut?

Idulfitri hanya sebagai ajang tukar hampers dan ucapan-ucapan tanpa makna. Sungguh disayangkan.

Toh, dari tahun ke tahun yang mengucapkan mohon maaf lahir dan batin itu justru seseorang yang hanya sekedar kenal saja, biasanya orang yang benar-benar bermasalah dengan kita justru lenyap hilang ditelan bumi.

Dulu, sewaktu sekolah. Gue memanfaatkan Idulfitri sebagai ajang meminta maaf kepada temen-temen gue yang memang bermasalah sama gue. Atau bahkan menerima pelukan nyokap yang cuma bisa gue dapet setahun sekali haha. 

Serius, gimana sih rasanya bisa meluk nyokap dengan leluasa?

Gimana sih rasanya bisa ngobrol sama bokap sambil ketawa-ketawa? Cause I never had it even once in my life.

Gimana sih rasanya ditanya sama nyokap tentang kerjaan? Tentang temen-temen? Gue gak pernah dapetin itu semua. Bahkan nyokapnya temen gue jauh lebih perhatian ke gue tentang kerjaan gue.

Kalo gue gak punya sahabat, gue gak tau hidup gue bakal jadi kayak gimana. 

Mungkin, ketika gue berkeluarga nanti. Gue akan membuat Idulfitri benar-benar berharga di keluarga kecil gue. 

Gue akan membuat momen Idulfitri di mana gue dan keluarga gue akan saling minta maaf dan introspeksi, saling mengakui kesalahan tanpa ada penghakiman, menjadi forum yang bisa memecahkan air mata sekaligus permohonan maaf dengan tulus. 

Sehingga keesokan harinya kita benar-benar bisa hidup sebagai "keluarga" yang saling mengenal dan saling memaafkan satu sama lain dan memulai semuanya dari nol lagi.

Bukan sekedar ucapan, salaman, dan uang THR.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Comment?